Thursday, August 16, 2007

Garin Nugroho Gandeng Dian Sastro

Garin Nugroho saat ini tengah menggarap film layar lebar berjudul Dewi Dropadi. Sekali lagi, ia berkolaborasi dengan bintang film berbakat Dian Sastrowardoyo.

"Saat ini prosesnya sudah sampai penyelesaian penulisan skenario," ungkap Garin. Garin menambahkan skenario tersebut ditulis oleh Laila S Chudori.

film ini merupakan film yang diangkat dari karya sastra tradisional yang menceritakan kisah kepahlawanan Mahabharata.

Dewi Dropadi atau Draupadi adalah salah satu tokoh dari Wiracarita Mahabharata. Ia merupakan putri dari Prabu Drupada, Raja Kerajaan Panchala.

Pada kitab Mahabharata versi asli, Dropadi adalah istri dari lima Pandawa, akan tetapi dalam tradisi pewayangan Jawa, ia dikenal sebagai permaisuri prabu Yudistira.

"Kami mencoba membuat film tentang epos menjadi film yang penuh dengan nuansa seni," katanya ketika ditanyakan mengenai genre dari film yang tengah digarapnya tersebut.

Dalam film tersebut, Garin belum menentukan siapa aktor yang akan menjadi lawan main Dian Sastro, karena masih dalam proses penyeleksian dan mencari tokoh yang cocok dengan perannya.

Ia juga belum dapat menyebutkan pihak mana yang akan bekerjasama dalam proses pembuatan film tersebut. "Belum sampai ke sana, semuanya masih proses," katanya.