Tuesday, June 5, 2007

Dian Sastro Bicara Global Warming

Dian Sastro memiliki keinginan menyadarkan setiap orang tentang pentingnya menjaga lingkungan.Kemarin (03/06), pemeran Daya dalam film Pasir Berbisik ini hadir dalam diskusi bertajuk Iklim Berubah, Waspadalah terhadap Bencana Lingkungan di Jakarta Convention Center (JCC).

“Saya sangat peduli dan tertarik pada masalah lingkungan hidup. Terutama isu global warming yang saat ini menjadi perhatian masyarakat dunia,” tuturnya. Pemanasan Global atau Global Warming adalah peningkatan suhu permukaan bumi yang disebabkan oleh peningkatan emisi karbondioksida dan gas-gas lain yang menyelimuti bumi dan memerangkap panas.

Akibat pemanasan global yang makin menjadi dan tidak terkendali, dengan setengah bercanda, Dian mengajak peserta diskusi untuk segera belajar berenang. "Nanti kalau pantainya sampai daerah Puncak sana, ngeri kan. Kita harus siap-siap belajar berenang, Saudara-saudara," ujar mahasiswi Filsafat Universitas Indonesia itu lalu tertawa.

Untuk saat ini Dian memilih menegakkan kepedulian lingkungan dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan. "Kalau kebetulan nggak ada tempat sampah, biasanya aku taruh di tas dulu. Kalau lagi di jalan, ya nyampah di mobil saja. Kalau sudah ada tempat sampah, baru dibersihkan lagi," ujarnya.

Lewat acara itu, Dian juga mengimbau masyarakat untuk membiasakan diri peduli pada alam dengan cara yang paling kecil sekalipun.