Sunday, June 10, 2007

Lee Akan Filmkan Kiprah Tentara Kulit Hitam AS di Perang Dunia II


Sutradara Amerika, Spike Lee, akan memberikan penghormatan kepada tentara kulit hitam AS yang bertempur dalam Perang Dunia II, dengan film baru yang syutingnya akan berlangsung di Italia.

Lee mengemukakan kepada harian Italia, "La Republica", bahwa film ini, yang diangkat dari novel "Miracle at St. Anna" karya James McBride, bertujuan untuk memberikan pengakuan terhadap peran para serdadu Amerika keturunan Afrika.

Dikatakannya peran mereka dalam perang tersebut banyak diabaikan dalam film-film AS sebelumnya.

"Saya belum lama ini bertemu dengan seorang veteran kulit hitam yang betempur di Iwo Jima dan ia mengemukakan kepada saya betapa sakit hatinya, ia tak menemukan satu pun tentara Amerika-Afrika dalam dua film Clint Eastwood," tutur Lee.

"Flags of Our Fathers" dan "Letters from Iwo Jima", film kembar garapan Eastwood mengenai pertempuran berdarah pada 1945 untuk merebut Pulau Iwo Jima dari perspektif tentara Amerika dan Jepang, dirilis tahun lalu.

Buku McBride, yang merupakan kisah sejati, adalah cerita sekelompok tentara dari Divisi Bufallo Ke-92 yang seluruhnya berkulit hitam yang bertempur melawan pendudukan Nazi di Tuscany, dan persahabatan antara salah satu dari mereka dengan anak yatim Italia berusia enam tahun.