Monday, February 4, 2008

Pekan Film Indonesia di Praha

Film Teguh Karya berjudul "Ibunda" yang meraih sembilan Piala Citra di Festival Film Indonesia 1986 terpilih sebagai film pembuka dalam pekan Film Indonesia yang diselenggarakan di Cinema Ponrepo, Bartolomejska, Praha.

Selain "Ibunda", film-film Indonesia pilihan yang mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat nasional maupun internasional juga akan diputar dalam pekan film tersebut. Diantaranya film "Cinta Dalam Sepotong Roti", "Suci Sang Primadona", "Pejuang", dan "Pagar Kawat Berduri".

Pekan Film dibuka oleh Helena Frankova, pejabat dari Kementrian Kebudayaan Ceko. Helena Frankova mengharapkan makin banyak film Indonesia yang dapat ditayangkan di Ceko pada tahun-tahun mendatang dan tidak lupa menyampaikan selamat kepada Indonesia yang berhasil menyelenggarakan pekan filmnya di Ceko.

Duta Besar RI untuk Ceko, Prof DR Salim Said mengatakan bahwa pemutaran film merupakan sarana mempromosikan kebudayaan Indonesia sebagai langkah awal untuk memperingati 50 tahun perjanjian kebudayaan antara Indonesia dan Ceko yang akan dilakukan pada tahun 2008.

Pekan Film Indonesia yang digelar tanggal 3-11 Desember 2007 merupakan kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia Praha dengan Czech National Film Archive.