Monday, February 4, 2008

Wisata Adopsi Pohon Butun

Ingin berlibur sambil menyelamatkan lingkungan? Anda bisa mencoba paket ekowisata yang ditawarkan Taman Nasional Kepulauan Seribu (TNKpS). Paket wisata yang bertujuan untuk menyelamatkan Kepulauan Seribu ini menawarkan pengalaman menarik.

Wisatawan dapat menikmati keindahan pulau dengan bersnorkling, menyelam, maupun berperahu menyusuri lautan antar pulau. Selain itu, para wisatawan dapat ikut menanam bibit karang, atau turut melepaskan elang bondol dan penyu sisik ke alam.

Yang istimewa, para wisatawan berkesempatan menyelamatkan Kepulauan Seribu dengan mengadopsi pohon butun. Warga setempat menyebut pohon ini sebagai pohon perdamaian. Tingginya bisa mencapai empat sampai lima meter. Namun pohon butun itu kini mulai langka ditemui di gugusan ratusan pulau itu.

Setiap wisatawan bisa menanam sendiri bibit pohon butunnya, sekaligus membubuhkan namanya di pohon itu. Setiap orang yang pernah menanam dapat memantau perkembangan pohon butun miliknya dengan menghubungi Balai TNKpS tanpa dipungut biaya lagi.

Biaya adopsi pohon sudah termasuk dalam biaya paket wisata yang ditawarkan Balai TNKpS, yaitu Rp 300.000-Rp 750.000 per orang untuk satu-tiga hari paket wisata. Saat ini, terlihat barisan bibit pohon butun hasil adopsi wisatawan domestik maupun mancanegara memanjang di tepian pantai Pulau Pramuka.