Tuesday, February 5, 2008

Yahoo Bekerja Sama Dengan Google?

Setelah gagal mengimbangi dominasi Google Inc. di pasar internet-search, Yahoo Inc. berharap dapat bekerja sama dengan rivalnya tersebut untuk merangkul lebih banyak pengguna mobile-phone.

Yahoo akan menyediakan software dan memberikan kebebasan bagi para developer dan perusahaan untuk memasukkan program tersebut dalam produknya, termasuk handset Android, software untuk mengoperasikan Google.

"Ketika ini jadi kenyataan, berarti kami telah menemukan alat yang tepat. Kami akan memastikan bahwa Yahoo services bisa dijalankan dengan menggunakan Android," kata presiden direktur Marco Boerries, Senin.

Boerries yang menjadi pembicara dalam Consumer Electronics Show di Las Vegas mengatakan, operator telepon seluler akan mempertahankan komitmen dengan Google untuk memberikan akses yang memadai untuk layanan semisal e-mail dan peta online. Yahoo, Google, dan Microsoft Corp. mencoba memancing sponsor yang mengincar pengguna web yang mobile.

Menurut EMarketer Inc., sebuah perusahaan riset di New York, pada tahun 2011 pasar advertising mobile-phone akan mencapai $16.2 milyar. Untuk mengambil keuntungan dari pertumbuhan tersebut, Yahoo memperkenalkan mobile home page yang telah diperbaharui, juga versi baru Yahoo Go Software pada hari Senin.

Pada bulan November Google bekerja sama dengan 33 perusahaan, termasuk Nextel Corp., T-Mobile USA Inc., dan Motorola Inc. dalam mengembangkan Android. Open Handset Alliance, sebutan untuk grup ini, menawarkan software gratis bagi para programer yang ingin mengembangkan feature dalam alatnya.

Google memimpin jauh dalam pasar internet-search. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Reston, Va., Google menguasai 59 persen pada bulan November. Beda jauh dibandingkan Yahoo yang hanya memperoleh 22 persen.