Monday, February 4, 2008

Promosi Wisata Malaysia Tanpa Seni Indonesia

Kementerian Pelancongan Malaysia kemarin menghentikan semua promosi pariwisata yang menggunakan seni Indonesia. Langkah ini diambil untuk meredakan ketegangan sehubungan protes keras terhadap penggunaan seni Indonesia untuk promosi wisata Malaysia.

Utusan Malaysia Menteri Pelancongan Malaysia adnan Tengku Mansor mengatakan bahwa tarian Barongan yang mirip Reog Ponorogo memang ada di Johor. "Kalau lihat sejarah, nenek moyang kita menjelajah dari satu pulau ke pulau dengan membawa budaya dan cara hidup. Zaman dulu mana ada batas antara Malaysia dan Indonesia, mana ada paspor, dan tidak ada sistem imigrasi," tegasnya.

Kementerian Pelancongan serta Kementerian Kebudayaan, Kesenian, dan Warisan Malaysia sudah mengatakan kepada Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik untuk duduk bersama menyelesaikan permasalahan.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, "Tidak masalah kesenian Indonesia dipentaskan Malaysia dalam forum internasional, tetapi harus jujur dikemukakan bahwa asalnya dari Indonesia."