Monday, February 4, 2008

Rumania, Kuda Hitam Grup C Euro 2008

Berada dalam satu grup bersama Italia, Perancis, dan Belanda yang punya nama besar, tidak membuat Victor Piturca, pelatih Rumania pesimis.

"Ini grup yang menyenangkan. Bersama-sama dengan juara dunia, runner-up Piala Dunia, dan Belanda yang sangat terkenal. Kami berharap ini jadi pengalaman berharga untuk kami. Kenapa kami tidak jadi satu dari dua tim yang lolos?" ujar Piturca pada konferensi pers setelah drawing.

Rumania memang bukan tim kacangan. Dengan permainan taktis, Rumania mampu menjadi juara grup di babak kualifikasi. Mengungguli Belanda yang hanya menjadi runner-up.

Euro 2008 akan dimulai pada 7 Juni dan berakhir 29 Juni 2008. Delapan kota, masing-masing empat kota di Austria dan Swiss, akan menjadi tuan rumah perhelatan tersebut. Austria akan memakai Salzburg, Innsbruck, Klagenfurt, dan Wina. Di Swiss, pertandingan akan digelar di Basel, Zurich, Berne, serta Jenewa.

Pembukaan turnamen empat tahunan tersebut akan ditandai pertandingan dalam grup A yang mempertemukan tuan rumah Swiss melawan Rep Ceko di Basel, 7 Juni mendatang. Pertandingan final sudah ditentukan akan digelar di Austria, tepatnya di Stadion Ernst-Happel, Wina, 29 Juni mendatang.